Kisruh Lahan di Pelalawan, Markarius Anwar Terima Keluhan Masyarakat

markarius-gallery1Kisruh terkait sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan, menghadirkan keluhan dari pihak masyarakat, salah satunya di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan. Demikian disampaikan Tokoh Masyarakat Desa Bunut, Darwan, kepada Markarius Anwar, Anggota Legislatif (Aleg) DPRD Provinsi Riau dalam resesnya, Rabu (29/03).

“Sangat sering terjadi perselisihan antara masyarakat dan pihak perusahaan. Masyarakat di sini ada yang ditangkap karena menggarap lahan di belakang rumahnya. Alasannya karena perusahaan pemegang konsesi lahan melapor kepada pihak yang berwajib dan menganggap bahwa tanah yang digarap itu milik perusahaan. Padahal kami sudah menggarapnya secara turun temurun,” tutur Darwan.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Markarius Anwar yang akrab disapa Bang Eka ini mengungkapkan, pihaknya sedang membahas Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di DPRD Provinsi. Hal ini bertujuan untuk melindungi hak-hak masyarakat dan mencegah persengketaan soal lahan khususnya dengan pihak perusahaan di kemudian hari.

“Kita sedang membahasnya di DPRD Provinsi. Masalah ini sudah berlarut-larut karena tidak jelasnya batas bagian perizinan yang dipegang perusahaan. Mereka (perusahaan) memegang izin pengelolaan lahan dengan batas luar saja, sementara di dalamnya ada kampung masyarakat. Ini yang menjadi masalah intinya,” ungkap Markarius.

Legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, dalam bahasan RTRW di DPRD, pihaknya memperjuangkan kampung dan desa untuk di-enclave (dikeluarkan) sehingga tidak menjadi bagian dari lahan konsesi perusahaan.

“Kita berharap masyarakat bisa tenang menggarap lahan ke depannya. Pembahasan di DPRD juga membahas bagaimana supaya kampung dan desa bisa dikeluarkan dan tidak menjadi lagi bagian dari lahan konsesi. Itu hal yang mutlak untuk kita perjuangkan,” pungkas pria ramah ini. (*)

Baca Juga

Relawan PKS Evakuasi Korban Asap Saat Tengah Malam

Pekanbaru — Jam dinding menunjukkan Pukul 01.30 WIB dini hari. Relawan PKS yang berjaga di …