[Rangkuman Taujih].. Presiden PKS Ahmad Syaikhu Ajak Kader PKS Riau Perkuat Hablum Minallah dan Hablum Minannas

Alhamdulillah, Wasshalatu Wassala Mu’ala Asrafil Ambiyai wal Mursaliin, Sayyidina wa Habibina, wa Syafi’ina wa Maulanaa Muhammad.

Saya sangat bersyukur kepada Allah, bisa menyapa antum/na sekalian Kader PKS di bumi Lancang Kuning. Allahu Akbar !!

Pada kesempatan ini, saya ingin mengingatkan bahwasanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan informasi kepada kita, kunci dari kemenangan yang ada di dunia maupun di akhirat. Allah SWT mengingatkan pada surat Al-Hajj ayat yang ke 77,  Allah berfirman.

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا ارْكَعُوْا وَا سْجُدُوْا وَ اعْبُدُوْا رَبَّكُمْ وَا فْعَلُوْا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ ۚ

“Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan agar kamu beruntung.”

Jadi pada satu sisi kita diminta untuk menguatkan Hablum Minallah dengan ruku’ bersama, sujud bersama dan abdikan diri bersama kepada Allah. Dan pada sisi yang lain kita juga harus menjaga Waf ‘alul Kaira Hablum Minannas (berbuat kebaikan kepada sesama manusia).

Jika dua faktor ini, yaitu Hablum Minallah dan Hablum Minannas bisa dijaga, maka itu yang menjadi kunci kemenangan yang dijanjikan Allah SWT لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ ۚ niscaya kamu akan menjadi orang-orang yang sukses, orang-orang yang berhasil, orang-orang yang menang.

Oleh karena itulah suasana Pilkada ini seharusnya menjadi suasana yang semakin mendekatkan kita kepada Allah, dan menyadarkan bahwa kekuatan-kekuatan kita ini begitu terasa lemah. Jangan anggap kita paling kuat, kita paling berkuasa, merasa kita bisa mengatasi segalanya sendirian.

Dalam surat Al-Anfal, Allah SWT mengingatkan kita.

وَمَا النَّصْرُ اِلَّا مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ

“Tidak ada kemenangan itu kecuali dari Allah SWT”.

Bahkan andaipun ada ketika di masa sahabat, saat dalam sebuah pertempuran anak-anak panah ini tertuju dan tepat sasaran, itu bukan karena kepiawaian dan kepandaian kita, tetapi itu karena keinginan Allah SWT.

وَمَا رَمَيْتَ اِذْ رَمَيْتَ وَ لٰـكِنَّ اللّٰهَ رَمٰى ۚ

“Bukan kamu yang memanah, sesunggunya Allah-lah yang menempatkan busur panah itu sampai ke sasaran” (Al-Anfal:17).

Sehingga kalau kita dalam Pilkada ini pun, bukan karena kehebatan kita hari ini mengajak orang untuk memberikan suara pada PKS, tapi sekali lagi yang paling dominan dan sangat berperan adalah karena Allah yang menggerakkan mereka untuk bisa bergabung bersama-sama PKS.

Oleh karena itu, kita jangan sampai abai, apalagi lalai, untuk memohon berdo’a kepada Allah SWT, sang pemilik kekuasaan.

Namun demikian, ada hal yang memang diinginkan juga oleh Allah SWT, yaitu bagaimana kita diminta untuk Hablum Minannas dalam bentuk menyebarkan kebaikan “Waf ‘alul khaira”.

Suasana hari-hari ini, di mana negeri ini mengalami pandemi Covid-19, tentu menjadi sebuah kesempatan yang memungkinkan kita untuk lebih banyak lagi kita menebarkan kebaikan.

Banyak orang yang terdampak pandemi, banyak orang yang mengalami kesulitan menghadapi pandemi. Nah maka, sinilah terbuka bagi kita semuanya untuk bisa memberikan khidmat terbaik kepada masyarakat.

Saya sangat apresiasi dan salut atas kerja-kerja antum semuanya, bukan hanya tahun pada saat pemenangan Pilkada. Saat kabut asap sedemikian mendera, Allah juga berikan cobaan kepada antum, namun antum masih terus bergerak membantu masyarakat. Hingga akhirnya, Allah menggerakkan mereka (masyarakat-red) sedemikian cinta pada Partai Keadilan Sejahtera.

Inilah mudah-mudahan, salah satu yang menjadi kata kunci ‘Allah tambatkan hati masyarakat kepada Partai Keadilan Sejahtera’. Karena kita banyak menebarkan kebaikan, kita banyak berkhidmat untuk umat, rakyat dan bangsa.

Jadi dua hal inilah insyaAllah yang menjadi kata kunci kemenangan. Karena janji Allah لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ “pasti kamu akan mendapatkan kemenangan”.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan bagaimana kita mampu menebarkan kebaikan, tentu kita perlu punya modalnya, tentu kita perlu punya persediaan. Tapi kalau kita tidak memiliki sesuatu, maka bagaimana mungkin kita akan bisa melakukan kebaikan. Orang yang ingin memberikan sesuatu, tentu ia harus miliki sesuatu, orang yang tidak punya sesuatu, tidak akan bisa memberikan sesuatu.

Dalam pepatah arab dikatakan “Faaqidusy-syai’ laa yu’thi”. orang tidak punya, dia tidak akan bisa memberikan sesuatu pada orang lain.

Oleh karena itu, kesempatan kebaikan ini yang terbuka lebar, mari kita sambut oleh kader dan simpatisan PKS semua untuk kita bersama-sama memberikan kebaikan, dengan melalui ‘ruhut tadhiyah’ (semangat/jiwa pengorbanan).

Dengan memberikan semangat berkorban apa yang bisa kita berikan. Jangan berpikir akan memberikannya nanti pada saat sesudah Pilkada selesai, tapi sekaranglah peluang untuk memberikan kebaikan, untuk menggalang pendanaan dalam rangka menyongsong pemenangan Pilkada yang ada di bumi lancang kuning.

Oleh karena itu, kepada para aghniya’ (Orang yang berkempuan finansial/kaya) dan juga para kader dan simpatisan PKS, saya mengajak mari kita bersama-sama untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi pemenangan dakwah di bumi Lancang Kuning.

Saya mendapat kabar dari ketua DPW PKS Riau Ustadz Hendry Munief, betapa semangat kader dan simpatisan di sana sungguh sangat luar biasa. Dari penggalangan demi penggalangan dana yang dilakukan, ternyata dana terkumpul cukup besar.

Terakhir saya mendapat informasi dari ketua DPW sudah terkumpul sekitar 7,8 miliar. Alhamdulillah jazakumullahu khairan atas mujahadah antum semua di dalam pemenangan Pilkada 2020 ini. Semoga Allah membalas kebaikan-kebaikan antum semuanya.

Tentu angka sebesar itu belumlah cukup, apalagi untuk didistribusikan ke tujuh daerah yang mengikuti Pilkada.

Karena itu, saya sekali lagi mengajak, mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik yang kita miliki, untuk kita menangkan Pilkada-Pilkada yang diikuti oleh kader PKS di tujuh kota dan kabupaten.

Saya ingin bertanya pada antum semuanya, apakah siap memberikan yang terbaik untuk PKS ?!

“Siapp !!, Allahu Akbar !!!” (Jawab peserta dengan semangat).

Ikhwah wa akhwat fillah Rahimakumullah..

Allah SWT telah mengingatkan dalam surat As-Saff:4

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الَّذِيْنَ يُقَا تِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِهٖ صَفًّا كَاَ نَّهُمْ بُنْيَا نٌ مَّرْصُوْصٌ

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang dijalan-nya dalam barisan yang teratur. Seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”

Penekanan pada ayat ini adalah bahwa didalam perjuangan, kita harus melakukan “صَفًّا كَاَ نَّهُمْ بُنْيَا نٌ مَّرْصُوْصٌ harus benar-benar menjadi satu barisan yang teratur, yang kokoh, sehingga bisa memenangkan apa yang kita cita-citakan.

Saya berpesan pada antum semua, jangan sampai kemudian terjadi silang pendapat diantara antum semua, yang kemudian menjadikan barisan ini lemah, tidak berdaya. Yang itu kemudian kita akan sulit untuk bisa memenangkan Pilkada 2020.

Allah mengingatkan di Surah An-nisa:59 untuk tidak silang pendapat atau berbantah-bantahan.

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَطِيْـعُوا اللّٰهَ وَاَ طِيْـعُوا الرَّسُوْلَ وَاُ ولِى الْاَ مْرِ مِنْكُمْ ۚ فَاِ نْ تَنَا زَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَا لرَّسُوْلِ اِنْ كُنْـتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِا للّٰهِ وَا لْيَـوْمِ الْاٰ خِرِ ۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا

Kenapa ??

Karena dampaknya bisa menghilangkan kekuatan kita dan akan sangat sulit untuk bisa menang.

Sungguh ini sesuatu yang berat kata Allah. Oleh karena itu, hal ini akan bisa dicapai kalau kita sama-sama “Wasbiru” kita bersabar mengatasi semuanya.

Dalam pergaulan kita bisa bersabar dengan berbagai karakter-karakter ikhwah yang sedemikian beragam. Jangan kita memaksakan diri kita agar mengikuti hanya dari arahan kita, tapi kita tidak pandai bagaimana menyerap apa yang ikhwah inginkan.

Saya kira inilah saatnya kita berpegangan tangan, bergandengan tangan, untuk memberikan yang terbaik yang kita miliki. Ibarat satu saff (barisan), bahwa ketika kita ingin memenangkan Pilkada di Dumai, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pelalawan yang kita lakukan apel siaga pada hari ini, itu bukan hanya sekedar tanggung jawab dari kader-kader kita yang di daerahnya melaksanakan Pilkada, tetapi ini menjadi tanggung jawab kita semuanya.

Sehingga kita harus berikan suport yang terbaik pada kader dan struktur yang berjuang dalam pemenangan Pilkada di bumi Lancang Kuning.

Sekali lagi saya sangat berharap, mari kita bersama-sama berikan yang terbaik untuk dakwah.

Kita jadikan satu saff dalam barisan yang kokoh. InsyaAllah, Allah akan memberikan keberkahan pada kita. InsyaAllah, Allah akan memberikan kemenangan kepada kita. Sehingga bumi Lancang Kuning akan ditaburi dengan cahaya dakwah melalui Partai Keadilan Sejahtera.

Selamat dan sukses, selamat berjuang, semoga Allah senantiasa menyertai kita semuanya.

Berjalanlah diatas keberkahan Allah SWT. Sesungguhnya antum semua, InsyaAllah yang akan menjadi pemenang-pemenangnya.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd !!

Demikian himbauan dari saya, Jazakumullah khairan katsira. Kurang lebih saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh !!

Baca Juga

Sejarah: Senantiasa Memohon Kepada Allah

Kesuksesan amal dan kegagalan di akhir bukanlah semata peran manusia. Kepintaran, kecerdasan, kecukupan finansial semata …