Abdul Kasim Boyong Kabid SDA Riau dan Dumai Tinjau Abrasi

Anggota DPRD Riau Abdul Kasim bersama (Kabid) Sumber Daya Alam (SDA) PUPR Provinsi Riau Abri Arianto S, Kabid SDA Kota Dumai dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Dumai melihat abrasi yang terjadi di kawasan pesisir Dumai

Pekanbaru – Abrasi yang terjadi di kawasan pesisir Riau sudah sangat mengkhawatirkan. Anggota DPRD Provinsi Riau Abdul Kasim yang berasal Dapil 5 (Dumai – Bengakalis – Meranti) adalah Anggota Dewan yang sejak awal sangat menyorot permasalahan tersebut. Apalagi hingga saat ini pemukiman dan lahan perkebunan masyarakat sudah banyak yang terkena abrasi.

Beberapa waktu yang lalu (1/7/2021) pria kelahiran Bagan Besar Dumai ini memboyong Kepala Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Alam (SDA) PUPR Provinsi Riau Abri Arianto S, Kabid SDA Kota Dumai dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Dumai untuk melihat langsung abrasi yang terjadi di Pesisir Dumai.

Kepada awak media (7/7/2021), Abdul Kasim mengatakan langkah selanjutnya yang akan ia lakukan setelah meninjau lokasi abrasi tersebut, yaitu mengajak SDA Riau dan Kota Dumai menemui Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) yang ada di Pekanbaru, karena permasalahan abrasi merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Sehingga nanti SDA Provinsi Riau dapat mempresentasikan titik-titik abrasi yang terjadi di Pesisir Riau kepada BWSS. Terutama titik-titik pemukiman dan lahan masyarakat yang perlu disegerakan penanganannya, dengan membangun tanggul pemecah gelombang,” tutur politisi PKS tersebut.

“Karena ini kewenangan pusat, maka penganggaran pembangunannya tentu dari pemerintah pusat,” tambahnya.

Menurutnya, jika abrasi tidak segera ditangani, maka dampaknya akan semakin luas dan masyarakat yang menjadi korbannya.

“Jika seandainya pemerintah pusat keberatan menganggarkannya, maka kita minta BWSS memberikan rekomendasi kepada pemerintah provinsi untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Karena abrasi ini tidak bisa ditahan, semakin hari semakin luas dampaknya,” tutupnya.

Baca Juga

DPW PKS Riau Kirim Relawan Ke Daerah Terdampak Bencana Sumbar 

Pekanbaru – Musibah Galodo (banjir Bandang) yang menimpa Sumatra Barat Sabtu 11 Mei 2024 malam, …