Ahmad Tarmizi Jelaskan Pentingnya Memahami Surat Al-Fatihah

Ketua DPW PKS Riau H. Ahmad Tarmzi, Lc, MA.

Pekanbaru – Ketua DPW PKS Riau H. Ahmad Tarmizi, Lc, MA menjelaskan pentingnya memahami dan mengamalkan makna dari surat Al-Fatihah, yang sering kita ulang dalam shalat fardhu sebanyak 17 kali. Hal itu ungkapkannya dalam acara Silaturrahim Ketua DPP BPW PKS Sumbagut H. Hendry Munief bersama DPD PKS Kota Pekanbaru dan Ketua DPC PKS se-Pekanbaru, bertempat di Aula Lantai 3 kantor DPW PKS Riau. Ahad (08/01/2022) pagi.

Ahmad Tarmizi menerangkan, bahwa surat Al-Fatihah sebagai khumul kitab, syumul quran dan sebagai obat dari segala penyakit. Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat. Ayat pertama, Bismillahirrahmanirrahim, kita harus mengucapkannya sebelum memulai kegiatan dan harus dibarengi dengan keikhlasan dan ketulusan niat untuk memulai kegiatan, semuanya terjadi atas kehendak Allah.

Lalu dilanjutkan, dengan ayat kedua Alhamdulillahi Rabbil Alamin yang maknanya bahwa kita harus memuji Allah karena semua yang terjadi di dunia ini atas kehendak Allah, bukan karena kehebatan kita, memang kita lemah tapi kembalikan kepada Allah dan kita puji dia.

Ayat ketiga Arrahmanir rahim, menerangkan bahwa kita bisa seperti ini karena kasih dan sayang Allah, dan di ayat keempat maliki yaumiddin, kita diingatkan Allah menguasai hari pembalasan jika melakukan kedzoliman atau kesalahan allah akan memberikan balasannya.

Lalu ayat kelima Iyyaka na’budu wa’iyyaka nasta’in, menerangkan yang kita lakukan adalah beribadah kepada Allah, ini merupakan inti diturunkannya agama, setiap rencana dan program yang dikerjakan harus bergantung kepada Allah bukan pada manusia.

Dan ayat keenam Ihdinas siratal mustaqim, kita butuh hidayah dan petunjuk dan pertolongan Allah SWT serta jangan dilalaikan dengan hal yang tidak bermanfaat dan godaan dunia.

Ayat ketujuh Siratal lazina an’amta alaihim gairil magdubi alaihin walad dallin, agar diberikan jalan yang lurus, jalan yang diberi kepada orang yang diberi nikmat yakni orang yang beriman, para Dai, dan orang yang memperjuangkan nilai-nilai kebenaran. Kita tidak mau diberi jalan yang dimurkai Allah dan jalan yang disesatkan. Semoga Allah kabulkan permintaan kita.

Alumni Al Azhar Mesir ini menuturkan, para pemimpin PKS sering mengulang-ngulang makna dari surat Al-Fatihah ini dalam setiap pertemuan agar kita memahami dan mengamalkannya, agar perjuangan PKS tetap berada pada jalan di yang di Ridhoi Allah, untuk memperjuangkan nilai-nilai kebenaran.

“Semoga dengan memahami makna surat Al-Fatihah ini, bisa menjadi bekal kita untuk memenangkan PKS, dengan selalu beribadah kepada Allah, minta petunjuk dan hidayah, jangan lalai dan lupa, karena kemenangan hakiki kita di syurga duduk dengan Allah,” terangnya.

Ketua DPW PKS termuda di Indonesia ini juga menjelaskan berdasarkan hasil survey lembaga survey, PKS berada di posisi yang membanggakan, dari hasil survey Indikator 6 persen, sementara Charta 7 persen, ini menjadi penyemangat bagi kita untuk memenangkan PKS.

“Kenapa kita semangat memenangkan PKS?, karena kita ingin mendapatkan rahmad Allah sehingga kita layak mendapatkan jalan yang lurus dan syurga. Ingat setiap kebaikan yang dilakukan akan memdapat balasan dari Allah,” ujar Ahmad Tarmizi dengan semangat.

Ahmad Tarmizi mengajak setiap anggota PKS untuk memperkuat Ibadah, banyak kembali pada Allah dan jauhi maksiat. InsyaAllah PKS menang di Pemilu 2024.

Baca Juga

Dr. Misharti, Senator Riau yang Daftar Jadi Calon Wakil Wakota Pekanbaru

Pekanbaru – Pilkada serentak 2024 kota Pekanbaru menghantarkan banyak calon siap bertarung baik menjadi calon …