Chairul Anwar: Pilih Pemimpin yang Melayani Rakyat

photo_2017-08-04_14-46-22Tanjung Leban – Kamis, (3/8/17)  masyarakat dusun Cipta Jaya Desa Tanjung Leban Kec. Kubu Kab. Rokan Hilir berduyun-duyun mendatangi rumah Muhammad Sum  salah seorang tokoh masyarakat. Kedatangan mereka ingin mendengar dan menyaksikan langsung hadirnya rombongan Safari Dakwah DPW PKS Riau yang menghadirkan anggota DPR RI dari daerah pemilihan Riau 1 Drs. H. Chairul Anwar, Apt yang di dampingi oleh Ketua Umum DPW PKS Riau, H. Hendry Munief, SE AK, MBA beserta rombongan Safari Dakwah.

Dalam sambutan yang cukup singkat tokoh masyarakat Muhammad Sum menyampaikan rasa suka citanya sekaligus menyampaikan maaf kepada rombongan PKS, “Terus terang saja, pada pemilu 2014 yang lalu, PKS hanya ada 25 suara dari desa kami ini, namun kami melihat Safari Dakwah ini bukti kebesaran hati PKS mau datang ke tengah-tengah kami yang jauh, dengan menempuh perjalanan yang cukup sulit sehingga bisa tiba di sini.” Ungkap Muhammad Sum, yang juga merupakan kandidat calon Kepala Desa yang akan ikut dalam perhelatan Pilkades serentak Se-Rohil nanti. Ia juga menambahkan “Jarak kecamatan Kubu dari ibu kota provinsi Riau Pekanbaru lebih kurang 271 km memang relatif sangat jauh, bisa ditempuh dalam 10 jam perjalanan dengan kondisi jalan yang sangat rusak dan bergelombang”. Muhammad Sum mewakili masyarakat berharap bisa menyampaikan banyak harapan kepada PKS.

Dalam kesempatan itu, Hendry Munief, SE.Ak, MBA selaku ketua Umum DPW PKS Riau juga menyampaikan salam dan memperkenalkan PKS sebagai partai dakwah yang kokoh berkhidmat untuk rakyat. “Penekanannya pada kata khidmat, yang berarti pelayanan. Maka kaitannya dalam hal memilih pemimpin, yang paling baik adalah yang paling melayani masyarakat.” tegas Munief sebagai pesan bagi masyarakat Kubu yang bersiap menghadapi pemilihan Kepala Desa beberapa bulan mendatang.

Drs. Chairul Anwar, Apt yang menjadi bintang tamu dalam pertemuan malam ini, tampil mengawali sambutan dengan pantun. Beliau menanamkan kembali niat berkumpul malam ini bersama masyarakat akan pentingnya Silaturrahim. Masyarakat desa yang umumnya adalah para petani ini, seakan sedang menyaksikan tabligh akbar, suasananya seperti peringatan hari besar agama saja, meski sudah lewat pukul 22.00 WIB saat Chairul Anwar berpidato, tidak seorangpun terlihat beranjak dari tempat duduknya, masyarakat sangat antusias mendengarkan pesan dan kesan indah yang di sampaikan Chairul.

“Saya senang sekali bertemu bapak-bapak sekalian, meski kita tidak pernah sebelumnya merencanakan pertemuan ini, Saya mengikuti  program yang di agendakan PKS Riau, meski jalan yang kami lalui sampai ke sini penuh gelombang seperti gelombang di selat Malaka.” tutur Chairul disambut  tawa para hadirin.

Menyinggung soal pemimpin,Chairul menegaskan bahwa “Pemimpin itu adalah orang yang punya niat baik bagi masyarakatnya. Mau memperhatikan masyarakatnya, sesederhana itu saja.” Katanya.

“Perlu kita mengingatkan, bahwa kekuasaan itu sesuatu yang sangat menggoda. Namun bisa digunakan untuk yang baik dan memperbaiki segala sesuatu. Menjadi pemimpin, dalam agama kita bukanlah berarti menjadi yang paling tinggi kedudukannya. Orang yg paling tinggi kedudukannya hanyalah yang bertaqwa.”

Beragam keluhan dan curah pendapat masyarakat sampaikan, memang sebagian besar berkaitan dengan kondisi keterbatasan sarana dan prasarana yang tidak memadai di desa mereka. Rombongan PKS Riau yang juga mengikut sertakan satu-satunya wakil anggota DPRD dari PKS, pak Edison diberikan pula kesemptan untuk menanggapi pertanyaan demi pertanyaan dari warga. Edison menjelaskan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami semua orang, bahwa “pentingnya kita memajukan wakil dari daerah yang memahami kehendak dan kebutuhan masyarakat yang diwakilinya. Sering terjadi, setelah masyarakat memilih wakil rakyat setelah berhasil duduk di DPRD justru rakyatnya merasa ditinggalkan”. Semoga ke depaan hal ini menjadi pelajaran berharga dan tidak terjadi lagi ungkap Edison diakhir sesi tanya jawab. (AdiNda)

Baca Juga

Daftar Cabup ke PKS, Ketua PDIP Siak H. Syahrul Siap Kolaborasi

Pekanbaru — Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Siak H. Syahrul mendaftarkan diri …