Didaulat Sebagai Pemateri Pendidikan Politik, Markarius Anwar: Jaga Persatuan dan Kesatuan NKRI

Bendahara DPW PKS Provinsi Riau Markarius Anwar, ST, M.Sc (FOTO: Asep Ykl)

Bengkalis – Bendahara Umum Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Provinsi Riau Markarius Anwar, ST, M.Sc didaulat menjadi pemateri dalam agenda Halal bi Halal Dewan pengurus Daerah (DPD) PKS Kabupaten Bengkalis pada 22 Mei 2022 di Surya Hotel, Duri. Acara tersebut bertajuk Tingkatkan Amal, Kuatkan Khidmat, Menuju Kemenangan 2024.

Di hadapan 700 kader, simpatisan dan tokoh masyarakat Markarius Anwar menyampaikan materi tentang Pendidikan Politik. Diawal pemaparannya, Ketua Fraksi PKS DPRD Riau itu menjelaskan pentingnya memahami jati diri PKS untuk mencapai target-target pemenangan. Jati diri tersebut tertuang dalam Visi dan Misi PKS.

Visi PKS adalah Sebagai Partai Islam Rahmatan Lil-‘alamin yang Kokoh dan Terdepan Dalam Melayani Rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pertama, pria yang akrab disapa pak Eka tersebut menjabarkan, wujud PKS sebagai Partai Islam harus tampil dan muncul dalam kepribadian kader dan struktur PKS. Artinya PKS selalu terdepan dalam membela umat dan agama, dengan mengedepankan nilai-nilai islam. Serta tidak terpancing dengan provokasi negatif yang menjerumuskan.

Kemudian yang kedua, dikatakan pak Eka, Rahmatan Lil-‘alamin maksudnya adalah kader PKS diterima oleh seluruh kalangan. Kemudian memberikan rasa aman dan nyaman bagi orang-orang disekelilingnya, baik yang muslim maupun non muslim, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW.

“Salah satu contoh yaitu menjelang lebaran kemarin, ada satu keluarga non muslim yang singgah di Posko Mudik Dr. Salim. Mereka sangat terkesan dengan pelayanan kader PKS di posko mudik, karena dilayani dengan sangat baik,” ungkap alumni Universitas Teknologi Malaysia tersebut.

Selanjutnya ketiga, terjemahan kata kokoh yaitu kader PKS memiliki ilmu dan wawasan luas, serta berkepribadian yang baik. Kemudian secara struktur dari mulai tingkat DPP hingga DPRa aktif dan solid dengan pembinaan yang merata.

Keempat, Terdepan Dalam Melayani Rakyat, bermakna kader PKS menjadi pelopor dan pemimpin di tengah-tengah lingkungannya yang bisa menggerakkan orang untuk mencapai kebaikan Bersama.

“PKS ini sudah diakui dari sisi pelayanannya yang selalu terdepan oleh masyarakat. Misalnya jika ada bencana alam, PKS selalu hadir paling pertama di lokasi bancana, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Jiwa melayani ini tidak boleh berhenti, harus terus dikerjakan, karena ini DNA PKS. Disamping itu juga kita tingkatkan kreatifitas,”tukasnya.

Terakhir, ada kata Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terminologi yang ditampilkan disini menunjukkan sikap kenegarawan dan jiwa nasionalisme yang kuat pada kader dan partai PKS.

“Cinta NKRI ini tidak cukup dengan kata-kata, tapi harus terwujud dikeseharian kita dalam membela bangsa dan merajut tali persatuan dengan semua elemen masyarakat,” pungkasnya.

Maka tugas kita sebagai kader PKS adalah harus bisa memahami dan menjabarkan visi PKS untuk kemudian diinformasikan kepada rakyat Indonesia, agar terbangun persepsi partai PKS adalah partai besar yang membawa kebaikan bagi bangsa.

“Persepsi PKS sebagai pelayan rakyat sudah terbangun, persepsi sebagai partai islam sudah terbangun, sebagai pembela ummat juga melekat pada PKS. Selanjutnya persepsi yang harus dibangun adalah bahwa PKS pembela NKRI sejati. Serta kita bangun persepsi masyarakat bahwa partai PKS siap memimpin bangsa Indonesia, dan jika PKS memimpin maka akan membawa kebaikan,” pungkasnya.

“Jika persepsi ini terbangun di tengah-tengah rakyat Indonesia, InsyaAllah 2024 PKS akan menang. Allahu Akbar,” pungkas Markarius Anwar menutup materinya dengan penuh semangat, diikuti gema takbir dan tepuk tangan seluruh peserta yang hadir.

Hadir pada acara tersebut Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bidang Pengembangan Wilayah Sumatera Bagian Utara (BPW Sumbagut) H. Hendry Munief, MBA, Anggota DPR RI Chairul Anwar, Apt, Ketua DPD Bengkalis H. Khairul Umam, LC, M.Sy beserta jajarannya, Kapolsek Mandau, lurah, tokoh masyarakat serta dewan pakar PKS Bengkalis.

Baca Juga

Afrizal Sintong Inginkan PKS Berlayar Bersamanya

Pekanabaru – Incumben Bupati Rohil, Afrizal Sintong bergerak cepat melobi para petinggi partai di Rohil …