Dorong Bapenda Berinovasi, Sofyan Siroj: Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

Sofyan Siroj baju batik, tiga dari kiri) bersama Anggota Komisi III DPRD Riau saat kunjungan kerja ke UPT Pendapatan Daerah Provinsi Riau (SAMSAT) Bagan Siapi-Api

RIAU – Anggota DPRD Provinsi Riau dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H. Sofyan Siroj, Lc, MM bersama Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau, melakukan kunjungan kerja ke UPT Pendapatan Daerah Provinsi Riau (SAMSAT) Bagan Siapi-Api (8 – 10/11/2021).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan pemutihan denda pajak di UPT Bapenda (Samsat) Bagan Siapi-Api dan juga untuk melihat sarana dan prasarana serta fasilitas UPT dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Dari hasil kunjungan tersebut Sofyan Siroj mengungkapkan, komisi III menyoroti kondisi bangunan kantor dan juga sarana prasarana yang kurang memadai dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Terutama dari sisi bangunan dan terkait realisasi Pajak Kendaraan Bermotor yang belum memenuhi target.

“Terkait hal terserbut, kami komisi III menyoroti sosialisasi program pemutihan denda pajak yang masih belum optimal. Terlebih lagi program sosialisasi dilaksanakan oleh Bapenda Pusat, yang seharusnya lebih optimal dilaksanakan oleh UPT,” pungkas lulusan Universitas Al-Alzhar Cairo Mesir tersebut.

“Maka kami mendorong kepada Bapenda khususnya UPT agar melakukan inovasi dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat, agar masyarakat nyaman dalam membayar pajak. Ini tentunya akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” lanjut Sofyan Siroj.

Misalnya dalam hal data base kendaraan bermotor yang selama ini menjadi kendala. Komisi III menyarankan Bapenda dapat mencontoh Samsat di Sumatera Utara (Samsat Gunung Tua) yang rutin melakukan sensus kendaraan dengan bantuan Rukun Tangga (RT), dan hal tersebut merupakan bagian dari tugas sebagai pegawai Bapenda.

“Pihak Bapenda yang dibantu Satlantas/Dirlantas seharunya dapat menyusun data base dengan baik dengan mengambil dari dari pengurusan STNK Baru. Hal ini juga agar penetapan target sesuai dengan asumsi dan data yang sesuai dan realisasi pajak kendaraan bermotor dapat terlaksana secara optimal,” tutupnya.

Baca Juga

Syamsuar : Saya Siap Mundur DPR RI, Untuk Maju di Pilgubri

Pekanbaru – Rombongan besar ketua Golkar Riau Drs. H. Syamsuar.  datang ke DPW PKS Riau hari …