Fraksi PKS DPRD Riau Gelar Lomba Baca Kitab Kuning ke-6: Wujud Konsistensi dan Semangat Keumatan

Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau Markarius Anwar

Pekanbaru — Final lomba baca kitab kuning yang digelar Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau berlangsung Ahad (4/12/2022). Sebelum final ini, kegiatan lomba sudah ditaja di kabupaten kota.

“Ini final lomba baca kitab kuning yang keenam dilaksanakan oleh Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau. Tahun ini peserta se-Riau 221 yang daftar lomba, dan sudah diseleksi di kabupaten kota. Yang ikut hari ini adalah juara-juara dari kabupaten kota,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau Markarius Anwar.

Kata dia, untuk final kali ini di DPRD Provinsi Riau, pemenang atau juara 1 nanti akan dikirim sebagai utusan Provinsi Riau di tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Fraksi PKS DPR RI.

“Acara lomba baca kitab kuning ini dalam rangka hari Santri Nasional dan HUT Fraksi PKS DPR RI. Dan memang sebagai wujud dan perhatian dan keseriusan kita terhadap pondok-pondok pesantren kita, memberikan suport kepada santri kita,” kata dia.

Lanjutnya, dengan lomba membaca kitab kuning ini, PKS berharap muncul semangat dari santri untuk terus mendalami ilmu-ilmu agama, terutama dari kitab keilmuan dan ilmiah yang ada di pondok pesantren.

“Kita juga berharap dengan lomba baca kitab kuning ini juga menegaskan semangat keumatan dari PKS dan perjuangan kita untuk agama Islam tentunya,” kata dia.

Pembina Pondok Pesantren Al Ihsan Boarding School ini juga mengatakan bahwa kualitas santri di Riau tidak kalah dengan santri di Pulau Jawa. Hal ini terbukti ketika utusan dari Riau berhasil 2 kali meraih juara Lomba Kitab Kuning tingkat nasional pada tahun sebelumnya, yaitu juara 2 dan 3.

Ketua Umum DPW PKS Riau H Ahmad Tarmizdi LC MA menambahkan, PKS Riau berharap muncul santri-santri atau pelajar-pelajar yang memiliki kualitas di dalam khazanah keilmuan membaca kitabnya dan juga menjadi motivasi bagi para guru-guru di pondok pesantren untuk meningkatkan kualitas penguasaan pada khazanah keilmuan yang ada.

“Sehingga ini menjadi semangat fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kualitas dan kebaikan,” tutupnya.

Baca Juga

PKS Klaim Jumlah Kehadiran Pemilih Hanya 3.293 dalam PSU di Desa Tambusai Utara

Rokan Hulu – Dewan Pimpinan Cabang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Rokan Hulu mengklaim bahwa …