Jalan Lintas Via PT SIR Sudah Diaspal, Markarius Anwar Himbau Pengendara Jaga Keselamatan: Hindari Kecelakaan

Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar, saat berada di jalan lintas Pekanbaru-Perawang via PT SIR

PEKANBARU – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Provinsi Riau Markarius Anwar, ST, M.Sc mengimbau pengguna jalan lintas Pekanbaru – Perawang via PT SIR untuk berhati-hati dalam berkendara agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Hal tersebut ia sampaikan melalui akun TikTok nya saat melintas di jalan tersebut (13/8/2022). Lulusan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) itu mengungkapkan, bahwa sebagian besar jalan sudah diaspal dan akan selesai pada tahun ini. Ia juga berkomitmen mengawal proses pembangunan jalan tersebut hingga tuntas.

Kemudian Markarius Anwar menghimbau pengendara agar berhati-hati dan menjaga keselamatan saat melintasi jalan tersebut, apalagi akhir-akhir ini sudah mulai terjadi kecelakaan.

“Karena kalau jalan sudah bagus biasanya sering terjadi kecelakaan. Untuk itu kurangi kecepatan, keselamatan nomor satu. Ingat, anak istri dan keluarga menanti di rumah,” pungkasnya

Aleg daerah pemilihan (Dapil) Siak-Pelalawan itu juga berharap kepada masyarakat yang menggunakan jalan tersebut dapat menjaga dan memelihara jalan tersebut dengan baik. “Mari sama-sama kita dukung pemerintah, dengan menjaga, memilihara dan memanfaatkan jalan ini dengan sebaik mungkin,” tambahnya.

Tips Aman Berkendara Agar Terhindar dari Kecelakaan

1. Gunakan Helm atau Sabuk Pengaman

Bagi Anda pengendara motor, menggunakan helm adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan, baik pengendara maupun penumpang.
Sama seperti helm bagi pengendara motor, menggunakan sabuk pengaman bagi pengendera mobil sangatlah penting. Jika terlanjur terjadi tabrakan atau kecelakaan, Anda akan terlindungi dari benturan terhadap stir karena akan terlebih dahulu tertahan oleh sabuk pengaman yang terikat di badan.

2. Hindari Menggunakan Telepon Genggam

Tidak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengendara asik menggunakan telepon genggamnya saat berkendara. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak menggunakan telepon genggam sama sekali ketika berkendara karena akan membahayakan keselamatan Anda.

3. Periksa Kendaraan Secara Berkala

Layaknya tubuh manusia, kendaraan juga butuh pengecekan secara berkala. Lakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan anda ke bengkel untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisinya apakah layak jalan atau malah butuh dilakukan penggantian komponen agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama digunakan.

4. Berkendara Secara Perlahan tapi Pasti

Saat berkendara selalu jagalah kecepatan secara stabil untuk menghindari tabrakan dengan mobil lain atau pejalan kaki. Namun, hindari juga melaju kendaraan Anda dengan kecepatan yang terlalu lambat sehingga menghambat pengendara lain. Dalam Permenhub No. 111 Tahun 2015 Pasal 3 menyatakan batas kecepatan di jalan bebas hambatan dalam kondisi arus bebas paling rendah 60 km/jam, dan paling tinggi 100 km/jam.
Untuk jalan antarkota, batas paling tinggi adalah 80 km/jam. Sementara di kawasan perkotaan, batas kecepatan paling tinggi 50 km/jam, tetapi di kawasan permukiman batas paling tinggi hanya 30 km/jam.

5. Membawa Barang Seperlunya Saja

Membawa barang dengan kapasitas berlebih juga bisa membahayakan pengendara, karena akan membuat kendaraan tidak stabil. Selain itu juga mempengaruhi konsumsi BBM yang semakin boros. karena itu, hindari membawa barang secara berlebihan ketika berkendara, baik Anda menggunakan mobil ataupun sepeda motor.

Baca Juga

Dr. Misharti, Senator Riau yang Daftar Jadi Calon Wakil Wakota Pekanbaru

Pekanbaru – Pilkada serentak 2024 kota Pekanbaru menghantarkan banyak calon siap bertarung baik menjadi calon …