Jalan Tol Sudah Beroperasi, Abdul Kasim Harap Jadi Motivasi Peningkatan Sektor Wisata dan Kuliner

Pekanbaru — Anggota Komisi 4 DPRD Riau Abdul Kasim mengapresiasi adanya jalan tol yang menghubungkan Pekanbaru sampai ke Dumai. Dimana, ada banyak waktu yang bisa dipangkas ketimbang melewati jalan biasa.

Politisi PKS ini berharap pemerintah maupun masyarakat pelaku usaha untuk menjadikan beroperasinya tol sepanjang 131 KM ini sebagai titik kebangkitan ekonomi masyarakat.

“Kita sangat bangga, harapan kita dengan adanya tol ini perekonomian Riau semakin meningkat,” kata mantan Wakil Ketua DPRD Dumai itu (27/9/2020).

Sebagai Anggota DPRD Riau Dapil Dumai, Bengkalis dan Kepulauan Meranti, Kasim melihat sektor yang harus ditingkatkan adalah sektor kuliner dan objek wisata. Khususnya Kota Dumai yang menjadi lokasi pelabuhan.

Misalnya, orang yang ingin berkunjung ke Rupat Bengkalis tentu akan singgah terlebih dahulu di Dumai. Artinya, kesempatan ini yang harus dimaksimalkan oleh masyarakat serta pemerintah daerah Dumai bagaimana orang tidak hanya sekedar singgah di Dumai.

“Jalan tol ini harus jadi motivasi untuk meningkatkan sektor yang mampu menarik orang untuk ke Dumai,” imbuhnya.

Pun begitu, kasim tak memungkiri jika jalan tol ini menjadi pisau bermata dua, dimana jalan tol akan ‘menghabisi’ sektor perekonomian masyarakat yang biasa mengais rezeki dari para pengendara yang melintasi jalur normal.

“Iya, masyarakat kan banyak yang jualan di pinggir jalan, kita belum tahu juga bagaimana skema yang disiapkan pemerintah dalam mengakomodir kepentingan para pedagang ini,” ujarnya.

Sekedar menyarankan, Kasim meminta kepada pemerintah untuk mengalihkan pengemudi mobil tangki ke jalan normal, karena menurutnya hal ini mampu menyelamatkan nasib para pedagang di pinggir jalan.

“Kalau mobil tangki tak ikut lewat tol, saya rasa masih hidup ekonomi di pinggiran jalan. Jadi kita harap mobil tangki tetap di jalan biasa. Tapi kita tunggu lah pola dari pemerintah seperti apa,” tutupnya.

Sumber: GoRiau.com

Baca Juga

Dr. Misharti, Senator Riau yang Daftar Jadi Calon Wakil Wakota Pekanbaru

Pekanbaru – Pilkada serentak 2024 kota Pekanbaru menghantarkan banyak calon siap bertarung baik menjadi calon …