Luar Biasa, Ratusan Relawan Kemanusiaan PKS Riau Ditempa Tahan Disegala Kondisi

ROHUL – Lebih kurang 500 orang kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Riau digembleng menjadi relawan kemanusiaan selama tiga hari dalam agenda Kemah Bakti Nusantara (Kembara) mulai hari Jum’at hingga Ahad (13-15/10/2017) di desa Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Muhammad sa’ad selaku ketua panitia yang kami temui diakhir acara dalam keterangannya mengatakan bahwa acara yang dilakukan selama tiga tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya materi pertolongan pertama pada kecelakaan, wawasan lalu lintas dari POLRES Rohul, materi kedisiplinan, kesigapan, sosial masyarakat dan sejumlah agenda penguatan fisik lainnya.

“Alhamdulillah, semua peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini, mereka ditempa bagaimana menyusuri arus sungai yang deras, berjalan ditengah hutan dimalam hari, dan aksi sosial gotong royong membersihkan masjid milik masyarakat setempat”, papar ayah tiga anak ini.

Saad melanjutkan, walau kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat disiang hari kondisi sangat panas dan sempat hujan pada sore hari hingga malam. namun acara tetap berjalan dengan baik dan peserta dapat bertahan hingga akhir acara.

“Tempat istirahat peserta juga hanya menggunakan tenda terpal sederhana, sangat jauh dari kata enak bila dibandingkan dengan kondisi saat dirumah, namun disinilah letak ketahanan seluruh relawan kemanusiaan PKS dilatih”, lanjutnya.

Selain melatih fisik dan wawasan, diagenda Kembara ini peserta juga diberikan targetan untuk kekuatan Ruhiyah, seperti tilawah setengah hingga satu juz/hari, shalat tahajud, dan tausiyah disetiap selesai shalat.

Sementara ketua DPW PKS Propinsi Riau H. Hendry Munief, MBA dalam sambutannya mengungkapkan bahwa agenda Kembara ini diharapkan menjadi momentum pelatihan relawan kemanusiaan bagi kader PKS, terutama saat terjadi bencana alam.

“Tentunya dengan kegiatan ini kita ingin memaksimalkan khidmat kader PKS ditengah-tengah masyarakat Riau dan indonesia pada umumnya, yang terdepan membantu dan bersinergi dengan TNI, POLRI dan Pemerintah dalam relawan kemanusiaan seperti bencana”, Ungkap calon Gubernur Riau ini.

Dalam kesempatan tersebut, Safar salah seorang peserta kegiatan yang kami temui mengungkapkan rasa bangga dapat menjadi bagian diacara tersebut dan berharap lebih banyak lagi peserta yang ikut jika acara ini kembali dilaksanakan.

“Disini saya bisa merasakan bagaimana bertahan disemua kondisi, dengan bahan makanan yang pas-pasan, menghadapi hujan dan panas dengan pakaian seadanya serta banyak lagi manfaat yang saya rasakan, mudah-mudahan khidmat relawan kemanusiaan PKS ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya ditengah-tengah masyarakat”, jelasnya.

Diakhir kegiatan Kembara, ditutup dengan pembacaan Do’a yang menggugah oleh salah seorang peserta, hingga seluruh peserta hanyut didalam do’a tersebut. (ari)

Baca Juga

DPW PKS Riau Kirim Relawan Ke Daerah Terdampak Bencana Sumbar 

Pekanbaru – Musibah Galodo (banjir Bandang) yang menimpa Sumatra Barat Sabtu 11 Mei 2024 malam, …