Markarius Anwar Minta Pemprov Riau Fokus Pemulihan Ekonomi: Salah Satunya Sektor Pertanian

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Komisi III DPRD Provinsi Riau meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau fokus kepada pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau Markarius Anwar mengatakan, kondisi ini harus diikhtiarkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pertumbuhan ekonomi kita sesuai dengan target Pak Gubernur agar ditingkatkan. Hal ini bisa dicapai dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh dalam bentuk program-program stimulus yang membantu ekonomi masyarakat,” kata Markarius, Senin (14/11/2022).

Politisi PKS itu menyebutkan, Pemprov harus membuat terobosan yang menyentuh langsung ekonomi masyarakat. Salah satu contohnya di sektor pertanian, banyak masyarakat yang punya lahan kosong tapi tidak punya modal untuk membeli pupuk dan bibit.

“Salah satu perhatian recovery ekonomi masyarakat yang kami sampaikan. Harus ada terobosan dan program yang menyentuh langsung ke ekonomi masyarakat contoh di desa banyak petani, coba beri bantuan bibit dan pupuk karena mereka punya lahan kosong. Masalahnya hari ini mereka tidak ada uang untuk modal,” papar Markarius.

Lanjut dia, setiap melakukan serap aspirasi ke dapilnya, masyarakat banyak memberikan usulan soal bantuan pemerintah yang harusnya dirasakan oleh masyarakat kecil. Apalagi, ekonomi mereka belum sepenuhnya pulih pasca pandemi sehingga mereka berharap Pemprov memberikan perhatian lebih.

“Terus terang sampai hari ini masyarakat kan belum sepenuhnya pulih ekonominya. Nah kita pernah beri bantuan di Kabupaten Pelalawan bantu poktan (kelompok tani), akhirnya mereka tanam cabai,” kata dia.

Lanjutnya, hasilnya luar biasa sampai mereka surplus pada panen raya. Ini tidak hanya menutup kebutuhan mereka bahkan buat dijual.

“Artinya ekonomi mereka naik, kalau sudah naik mereka akan belanja ke pasar, ada perputaran dan ekonomi akan hidup,” kata Markarius.

Sumber: cakaplah.com

Baca Juga

Dr. Misharti, Senator Riau yang Daftar Jadi Calon Wakil Wakota Pekanbaru

Pekanbaru – Pilkada serentak 2024 kota Pekanbaru menghantarkan banyak calon siap bertarung baik menjadi calon …