Sekolah Negeri Ini Belum Tersentuh Bantuan Pemerintah, Mira Roza: Pemprov Harus Tanggung Jawab

Pekanbaru – Anggota DPRD Provinsi Riau Mira Roza meminta pemerintah Provinsi Riau memperhatikan sekolah SMA/SMK yang sebelumnya sekolah swasta, tapi telah menjadi sekolah negeri.

Aleg PKS itu mengungkapkan, ada temuan yang ia dapatkan ketika melakukan kunjungan kerja bersama komisi V DPRD Riau ke SMK Negeri 1 Kabun di Desa Aliantan, Kabupaten Rokan Hulu beberapa waktu yang lalu. Kehadiran Rombongan DPRD diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Kabun dan juga turut hadir Kepala Desa Aliantan.

Dikatakan Mira Roza, SMK tersebut sebelumnya berstatus yayasan, yang bernaung di bawah Yayasan Putih Maipat tahun 2011, kemudian pada tahun 2019 sudah berstatus negeri.

Namun yang menjadi permasalahan, sesuai yang disampaikan pihak sekolah SMK Negeri 1 Kabun, sampai hari ini tahun 2021 sekolah tersebut belum tersentuh bantuan dari pemerintah provinsi. Begitu juga dengan penempatan guru-guru ASN.

“Jadi sampai hari ini SMK tersebut masih dengan Kepala Sekolah dan guru honorer, itupun tidak berstatus honor daerah provinsi, tapi masih dibiayai oleh yayasan,” ungkap Mira Roza kepada awak media (16/8).

“Menyikapi persoalan ini saya menyatakan bahwa ketika pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Pendidikan sudah menyatakan bahwa sekolah tersebut berstatus negeri, maka pemerintah harus bertanggung jawab memberikan bantuan, memberikan advokasi dan kelengkapan sarana prasarana lainnya,” lanjutnya.

Menurutnya, karena SMK Negeri 1 ini sangat dibutuhkan oleh warga Desa Aliantan khususnya, maka ia minta kepada dinas pendidikan agar segera memberikan perhatian ke sekolah tersebut. “Karena ternyata di dalam data Dapodik status mereka sudah berstatus negeri, sudah SMK negeri 1. Jadi tidak lagi SMK swasta dibawah yayasan putih maipat ini,” bebernya.

Jika hal itu terus dibiarkan, dirinya khawatir akan berdampak terhadap terhadap kualitas sekolah dan anak didiknya.

“Pertama, kita khawatir terhadap kualitas guru yang mengajar, padahal mereka sekolah negeri, seharusnya ada guru ASN. Kemudian kedua, kita mengkhawatirkan kesiapan anak-anak yang bersekolah di SMK negeri ini. Seperti menghadapi tahapan evaluasi yaitu kenaikan kelas dan asesmen nasional yang nanti akan digulirkan tahun ini,” terang legislator asal Bengkalis tersebut.

Sebelumnya, menurut informasinya kepala sekolah SMK negeri 1, pihaknya sudah beberapa kali datang berkunjung ke kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau, guna meminta kelengkapan sarana prasarana, juga tenaga pengajar ASN. Namun hingga saat ini belum ada kelanjutan dan realisasinya.

Menutup keterangannya, Mira Roza berharap persoalan itu tidak terjadi di kabupaten/kota lainnya. Kalaupun ada, dirinya mendorong pemerintah agar segera memberikan perhatian.

Baca Juga

PKS Serius Tingkatkan Kemampuan Anak Muda dan Lembaga Pendidikan Islam di Riau

Pekanbaru – Ketua DPW PKS Riau H. Ahmad Tarmizi, Lc, MA juga menegaskan, bahwa PKS …