Tokoh Agama Hindu Sampaikan Aspirasi Terkait Rumah Ibadah Ke Markarius Anwar

Pekanbaru — Ketua PHDI HINDU Provinsi Riau, I Nyoman Wiratama menyampaikan apirasi terkait rumah ibadah kepada Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau Markarius Anwar di acara Dialog Lintas Tokoh Agama, yang ditaja DPW PKS Provinsi Riau, di hotel Pangeran Pekanbaru, Jum’at (11/8/2023).

Di acara yang menghadirkan Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, sebagai narasumber tersebut, I Nyoman Wiratama menceritakan bahwa rumah ibadah yang mereka rintis sejak tahun 1994 dan diresmikan pada 2001 itu belum pernah mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“Dari penuturan Pak Markarius Anwar tadi, bahwa Pemprov Riau ada memberikan bantuan untuk rumah ibadah. Maka melalui forum ini kami umat Hindu meminta petunjuk kepada pak Markarius Anwar cara mendapatkan bantuan tersebut, supaya kami bisa menjajakinya,” tutur I Nyoman Wiratama.

Ketua Fraksi PKS DPRD Riau H. Markarisu Anwar, ST, M.Sc Saat Menanggapi aspirasi Ketua PHDI HINDU Provinsi Riau

Menaggapi hal tersebut, Markarius Anwar menyatakan siap untuk membantu memfasilitasi aspirasi umat Hindu.

“Kami Fraksi PKS DPRD Riau siap untuk memfasilitasi, yang penting rumah ibadah/pura tersebut sudah terdaftar dikementerian agama. Nanti kita bisa berkomunikasi lebih lanjut, boleh catat nomor HP saya pak,” pungkas lulusan S2 Urban Design Universitas Teknologi Malaysia (UTM) itu, sembari menyebutkan nomor Handphonenya.

Pria yang bakal maju sebagai Calon Anggota DPR RI pada Pileg 2024 mendatang tersebut mengungkapkan bahwa bantuan rumah ibadah memang baru dianggarkan dua tahun belakangan ini.

“Tiga tahun diawal kepemimpinan pak Syamsuar tidak dianggarkan. Kemudian saya dan kawan-kawan mendesak pak Gubernur supaya dianggarkan, karena ini salah satu bentuk implementasi dari Visi Misi Provinsi Riau, yaitu mewujudkan masyarakat yang agamis. Alhamdulillah akhirnya aspirasi kita didengarkan,” ungkapnya Markarius Anwar, yang saat itu bertindak sebagai moderator.

Perlu diketahui bahwa rumah ibadah umat Hindu Pura Agung Jagat Natha berada di daerah Simpang Tiga Bandara, tepatnya di Jalan Rawa Mulya No. 3, Kelurahan Sidomulyo Timur, Keacamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Baca Juga

RAMADHAN MODAL SOSIAL BERHARGA

Bulan mulia kembali hadir ke tengah kita. Sebagaimana diketahui, terdapat perbedaan terkait jadwal permulaan puasa …