Abdul Kasim Soroti Minimnya Anak Riau Dapat Beasiswa dari LPDP

Anggota DPRD Riau H. Abdul Kasim

Pekanbaru – Anggota DPRD Provinsi Riau dari Fraksi PKS H. Abdul Kasim menyoroti minimnya jumlah anak-anak Riau yang mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Untuk diketahui LPDP merupakan satuan kerja yang dibawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Sumber pendanaan LPDP dibebankan dari APBN sebesar 20 persen. Hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2010 tentang APBN-P 2010, dalam poin Dana Pengembangan Pendidikan Nasional.

Abdul Kasim menuturkan, dana LPDP dari APBN dan dana APBN bersumber dari APBD provinsi se-Indonesia. Sementara Riau merupakan salah satu daerah penyumbang devisa terbesar bagi negara. Jadi wajar jika anak-anak Riau diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswa dari LPDP.

Maka dari itu, Pemprov Riau harus meminta LPDP agar memprioritaskan bagi anak-anak Riau yang berprestasi sehingga mereka bisa sekolah ke luar negeri dan nantinya akan menjadi aset daerah yang akan bisa mengembangkan pendidikan di provinsi Riau ke depannya.

Selain itu, Anggota DPRD Riau dari Dapil Dumai, Bengkalis dan Kepulauan Meranti ini juga menyoroti ketidakadilan dari pemerintah pusat tentang pengelolaan dana LPDP yang hanya difokus pada daerah-daerah kota-kota besar saja. Sehingga anak-anak daerah yang punya potensi tidak dapat merasakan pendidikan di luar negeri padahal mereka mampu bersaing dengan negara-negara lain.

“Saya berharap kepada pemerintah provinsi Riau untuk mengajukan usulan agar Riau mendapatkan kuota yang lebih banyak dari LPDP dan seluruh stakeholder pemerintah untuk mendorong ini supaya anak-anak kita menjadi orang-orang yang hebat nantinya dan berprestasi di pendidikan Nasional dan internasional,” pungkasnya.

Abdul Kasim juga menyarankan agar Dinas Pendidikan Riau jangan menunggu saja tetapi kita harus menjemput bola karena itu hak kita sebagai warga negara Indonesia.

Baca Juga

DPW PKS Riau Kirim Relawan Ke Daerah Terdampak Bencana Sumbar 

Pekanbaru – Musibah Galodo (banjir Bandang) yang menimpa Sumatra Barat Sabtu 11 Mei 2024 malam, …