Momentum HUT Riau, Kasim Ingatkan Pemerintah Soal Kejelasan Lahan yang Masuk Konsesi Blok Rokan

PEKANBARU – Sekretaris Komisi I DPRD Riau, Abdul Kasim, mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk menyelesaikan persoalan tata ruang yang menjadi kendala, terutama di Kota Dumai.

Disampaikan Kasim, di usia Provinsi Riau yang memasuki angka 65 tahun, status lahan masih menjadi sumber kegelisahan masyarakat, dan sudah seharusnya pemerintah segera menuntaskan itu.

Dia mencontohkan lahan yang berada di 100 meter kiri kanan jalan lintas Rumbai – Dumai, dimana lahan tersebut sudah menjadi milik masyarakat, dibuktikan dengan kepemilikan Sertifikat Hak Milik (SHM).

Politisi PKS itu menambahkan, dirinya masih menerima keluhan dari masyarakat yang tidak bisa memanfaatkan SHM tersebut, untuk membesarkan usahanya melalui pinjaman bank.

“Ini sudah disampaikan sebenarnya oleh Pak Gubernur, tapi sampai sekarang kita masih menunggu tindaklanjutnya,” ujar Legislator asal Dumai ini, Senin (8/7/2022).

Selain persoalan lahan di jalan lintas itu, sambung Kasim, sejumlah lahan di Kota Dumai juga menjadi kendala pembangunan. Pasalnya, banyak gedung milik pemerintahan yang masuk dalam lahan konsesi Blok Rokan.

“Termasuk juga sarana pendidikan ada yang masuk konsesi, itu kan menghambat progres pembangunan,” tuturnya.

Dengan keberadaan anak muda asal Riau, Raja Juli Antoni, sebagai Wakil Menteri ATR, lanjut Kasim, mestinya komunikasi bisa menjadi lebih mudah. Dia berharap ada koordinasi berkelanjutan antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat.

“Intinya, kita harus terus menyuarakan soal kejelasan status lahan ini, karena dampak yang ditimbulkan dari ketidakjelasan status lahan ini cukup rumit,” tutupnya. ***

Sumber: https://www.goriau.com/

Baca Juga

Daftar Cabup ke PKS, Ketua PDIP Siak H. Syahrul Siap Kolaborasi

Pekanbaru — Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Siak H. Syahrul mendaftarkan diri …