Cerita Ustadz Chairul Tentang Jaulah

“ Beginilah dakwah itu, saudaraku. Kita tak perlu khawatir, meski kita tahu orang itu tidak menerima sekalipun, sampaikan saja. Targetnya bukan mereka berubah atau tidak, namun datangnya kita itulah targetnya.”

Itulah pesan yang disampaikan oleh Ustadz Chairul Anwar, Ketua DPP PKS Bidang Pemenangan Pemilu dan Pemilukada (BP3) dalam rangkaian jaulahnya ke Kabupaten Rokan Hilir, Senin (28/3/2016).

Ia menuturkan, dalam berdakwah ini, seseorang terlebih kader dakwah tidak perlu merasa berkecil hati jika dakwah yang disampaikannya belum diterima. Alaminya, setiap da’i inginnya diterima oleh banyak orang.

“ Biasanya kalau kita berharap lalu ternyata tidak berhasil, maka tentu kita akan kecewa. Orang berbuat baik setelah mengikuti kita menjadi berkah bagi kita, jika tidak berhasil diajak, tidak apa-apa,” ungkapnya.

Keyakinan kita lanjut Chairul, bahwa Allah swt tidak akan bertanya, “kenapa si  fulan tidak ikut, melainkan apakah kamu sudah menyampaikan kepada si fulan.”

“Sekali lagi, tugas kita adalah berdakwah, dan terus lakukan jangan berhenti berdakwah,” sambungnya.

Hal ini sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah saw dalam berdakwah. Rasulullah saw tidak berorientasi kepada hasil. Pahala seseorang tidak akan berkurang jikapun orang tidak menerima dakwahnya.

Bagi kader PKS, dakwah bukan karena tugas dari partai, bukan karena dibayar oleh seseorang atau siapapun.

“Bagi kita ini merupakan tugas mulia, sisi kemanusiaan dan amal jariyah. Meski kita bukan orang terbaik di kalangan masyarakat kita,” lanjut Chairul menguraikan.

Karenanya, ia mengingatkan setiap kader untuk konsisten berdakwah. Ia pun mengutip cerita tawaran kaum kafir Qurais kepada Rasulullah saw agar meninggalkan dakwah.

Rasulullah pernah ditawari oleh kaum kafir untuk menjadi pemimpin, orang kaya atau diberikan wanita-wanita tercantik di masa itu. Syaratnya asalkan Rasulullah mau berhenti berdakwah. Namun Rasul menolak itu semua.

“Sebagaimana ungkapan beliau, “Biarpun matahari diberikan di tanganku, Rembulan di tangan kiriku, niscaya aku tidak akan pernah berhenti berdakwah.” Itulah yang semestinya juga menjadi pemahaman kader dakwah.

Baca Juga

Daftar di PKS, Abdul Wahid Siap Ajak Kader PKS Menjadi Wakilnya

Pekanbaru – Bursa Balon  Gubernur Riau semakin banyak dan beragam serta mewakili berbagai daerah yang ada …