Momen Muswil MUI Riau, Syahrul Aidi Minta MUI Mulai Perhatikan Ekonomi Ummat

Pekanbaru – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau mengadakan agenda musyawah wilayah (Muswil) yang ke-7 yang diadakan pada Selasa (29/12/2020) di Hotel Ameera Pekanbaru.

Pada saat itu, panitia mengundang anggota DPR RI Dapil Riau 2, H Syahrul Aidi Maazat Lc MA untuk menyampaikan pandangannya terkait eksistensi MUI Riau ke depannya.

Dalam diskusi yang ditaja oleh MUI Riau tersebut Syahrul Aidi menyampaikan peran penting MUI dalam membimbing ummat. Apalagi pada zaman modern saat ini, ummat membutuhkan perhatian ekstra dari para ulama.

Syahrul Aidi menyampaikan peran MUI saat ini bukam saja fatwa-fatwa tentang amal ibadah ukhrawi saja. Namun juga berbagai amal ibadah terkait duniawi, khususnya adalah terkait muamalah dan interaksi sosial lainnya. Terutama dia menyoroti tentang peran ulama dalam melindungi ekonomi ummat.

“Contohnya di bidang pendidikan. Banyak lembaga pendidikan kita yang menciptakan para tenaga kerja. Padahal saat Islam pertama kali berkembang, Nabi Muhammad SAW menjadikan pasar sebagai salah satu pondasi utama agama ini. Kenapa saat ini lembaga pendidikan kita lebih banyak menciptakan pekerja?”kata pria lulusan Universitas Al Azhar Kairo ini.

Dia juga menjelaskan bahwa selama ini MUI itu lembaga sertifikasi halal atay fatwa halal haram lainnya. Padahal, hal itu adalah bagian kecil dari ekonomi Islam yang harus kita kembangkan.

Momen Muswil MUI Riau ini menurut Syahrul Aidi adalah waktu yang tepat bagi para ulama, zuama yang bernaung di bawah MUI. Untuk melahirkan ketua dan program yang konstruktif dalam pengembangan ekonomi Islam. mt

Baca Juga

PKS Klaim Jumlah Kehadiran Pemilih Hanya 3.293 dalam PSU di Desa Tambusai Utara

Rokan Hulu – Dewan Pimpinan Cabang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Rokan Hulu mengklaim bahwa …