PKS kembali salurkan bantuan untuk Korban Gempa di Pasaman dan Pasaman Barat

Pasaman – Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah (BPW) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) H. Hendry Munief, MBA bersama tim kepanduan DPW PKS Riau dan Sumatera Barat pada hari Selasa, 1 Maret 2022 langsung bergerak ke lokasi terparah yaitu Kabupaten Pasaman yang merupakan daerah terdampak gempa bumi beberapa waktu yang lalu.

Nagari Malampah, Kec. Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman adalah daerah terparah dampak gempa. Bahkan ada tempat yang sampai saat ini belum terdata dikarenakan sulitnya akses ke lokasi seperti di Ladang Rimbo, Guguang dan lain sebagainya.

“Alhamdulilah Relawan PKS bergerak cepat dari mulai hari pertama gempa sampai dengan saat ini terus menerus membantu korban gempa bersama unsur lainnya seperti Basarnas, TNI Polri dan lain sebagainya,” terang Munief yang saat ini (1 Maret 2022) masih berada di lokasi bencana.

Lebih lanjut Munief menambahkan bahwa sampai saat ini, dari data yang diterima ada 6 orang korban meninggal. 5 orang akibat tertimpa bangunan dan 1 akibat hanyut dihantam air bah bercampur tanah.

“Korban terus bertambah di Malampah, mengingat ada beberapa tempat yang belum terjangkau, selain 6 orang yang meninggal ada 5 orang yang luka berat dan sudah dirujuk ke RSUD Jambak dan ada beberap korban hilang belum ditemukan” kata Munief melanjutkan.

Seusai melihat kondisi dan memberikan bantuan di Kabupaten Pasaman, tim lalu melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pasaman Barat dan langsung di sambut oleh Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi.

“Kami mengucapkan ribuan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada relawan PKS yang dari hari pertama sampai saat ini tiada henti-hentinya membantu pemerintah dalam menangani korban gempa di tempat kami”, Kata Hamsuardi ketika bertemu dengan H. Hendry Munief.

Munief juga menyampaikan bahwa telah menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak dan akan terus menggalang dana untuk terus memberikan bantuan kedepan nya.

“Kami dari BPW Sumbagut telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak dan akan terus menerus menggalang dana untuk rehabilitasi dan rekonstruksi kembali pasca gempa di Kabupaten Pasaman Barat ini”, kata Munief yang disambut dengan haru oleh Bupati Pasaman Barat.

Selain memberikan uang tunai untuk operasional Relawan di Pasaman dan Pasaman Barat, Ketua DPP PKS BPW Sumbagut juga memberikan bantuan berupa terpal, selimut, tikar, pembalut wanita, alat mandi dan lain sebagainya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat dan anggota PKS di manapun berada untuk dapat meringankan tangan membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Sumatera Barat”, kata Munief menutup pernyataan nya.

Sampai saat pendataan (27 Februari 2022) tercatat 11 orang meninggal, 42 orang luka berat, 346 luka ringan, 13.000 orang mengungsi, 103 rumah rusak berat dan 1037 rumah rusak ringan di Kabupaten Pasaman barat dan akan terus bertambah. Adapun kebutuhan saat ini adalah tenda pengungsi, air bersih, MCK darurat, selimut, kain sarung, pakaian bayi dan kebutuhan mandi.

Baca Juga

Peringati Maulid, Dr Salim: Kita Kuatkan Cinta Allah, Cinta Nabi

Jakarta — DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah …