Reses, Markarius Anwar Serap Aspirasi dan Edukasi Masyarakat Tentang Pencegahan Covid-19

Perawang, Siak Sri Indrapura – Reses masa sidang III tahun 2020 yang dilakukan oleh Markarius Anwar Anggota DPRD Provinsi Riau kali ini sedikit berbeda dari biasanya. Sebab, kondisi Pandemi Covid-19 yang masih mewabah. Sejumlah protokol kesehatan pun harus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Seperti memakai masker, menjaga jarak dan menyediakan sabun serta tempat cuci tangan.

Selain menyerap aspirasi, Markarius Anwar juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan Covid-19. Contohnya seperti yang ia lakukan saat Reses di desa Tualang dan desa Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak (05/07/2020).

Ketua fraksi PKS tersebut mengungkapkan bahwa ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi Covid-19 melalui protokol kesehatan.

Pertama, Do’a. Virus ini juga makhluk Allah, kita minta kepada Allah agar dilindungi dari virus corona, Bapak ibu bisa mengamalkan dzikir pagi dan petang, didalamnya terdapat do’a agar kita terhindar dari mara bahaya,” sebut lulusan S2 Universitas Teknologi Malaysia tersebut. .

Yang kedua, memakai masker saat melakukan aktifitas diluar rumah. Karena virus ini menular lewat bersin maupun batuk. Artinya organ mulut dan hidung harus sering ditutup, indera tersebut menjadi ‘gerbang utama’ virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh manusia,”. pungkasnya.

Ketiga, membiasakan cuci tangan. Ketika sudah selesai aktifitas di luar, maka hal pertama yang harus dilakukan saat sampai di rumah adalah mencuci tangan dengan sabun. Bahkan, bila perlu mandi dan ganti baju,”.

Keempat, meningkatkan imun tubuh. Seperti, mengkonsumsi sayur dan buah, vitamin, berjemur di bawah sinar matahari pagi, tidak bergadang, olahraga serta melakukan 10 Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),”.

Terakhir, yang kelima adalah Jaga Jarak. Cara ini dianggap efektif karena penyebaran penyakit yang disebabkan virus itu bisa terjadi lewat droplet  atau percikan air liur dan bersin,” bebernya.

Dikatakannya, bahwa virus corona ini sebenarnya sama saja dengan virus-virus yang lain, seperti virus influeza. Namun yang mebuat virus corona menjadi lebih berbahaya adalah karena penyebaran dan penularannya yang cepat.

Setelah menyampaikan edukasi pencegahan Covid-19, acara reses dilanjutkan dengan diskusi dan penyampaian aspirasi dari masyarakat.

Berbagai persoalan ditampung oleh markarius Anwar, mulai dari infrastruktur, ketenagakerjaan, fasilitas air bersih, drainase, rumah layak huni, fasilitas olahraga hingga masalah bantuan sosial masyarakat terdampak Covid-19.

Menanggapi aspirasi warga, Markarius Anwar atau yang lebih akrab disapa Pak Eka menyatakan siap memperjuangkan sesuai dengan kewenangannya.

“Aspirasi yang menjadi kewenangan Provinsi akan kita perjuangkan di APBD 2021, sementara kewenangan Kabupaten dan Pusat akan kita koordinasikan dengan Anggota Dewan PKS di tingkatan tersebut,” tutupnya.

Tampak hadir pada acara tersebut tokoh perempuan Siak Reni Nurita, Ketua DPC PKS Tualang Irpan Ardiansyah, Kepala Dusun, tokoh masyarakat serta ketua RK (Rukun Kampung). (**)

Baca Juga

Dr. Misharti, Senator Riau yang Daftar Jadi Calon Wakil Wakota Pekanbaru

Pekanbaru – Pilkada serentak 2024 kota Pekanbaru menghantarkan banyak calon siap bertarung baik menjadi calon …