Ekonomi Sulit, Masyarakat Sampaikan Keluhan Tunggakan BPJS di Reses Mira Roza

Bengkalis – Anggota DPRD Provinsi Riau H. Mira Roza, SH menyerap aspirasi masyarakat di Desa Balai Makam, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis (5/12/2021). Turut hadir Sekdes Balai Makam Baharuddin, Pengurus Masjid Al Anshor dan Anggota BPD Balai Makam.

Berbagai aspirasi ditampung Aleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, salah satunya adalah terkait BPJS Kesehatan. Hal tersebut dikatakannya saat diwawancarai oleh awak media, (7/12).

Mira Roza mengungkapkan bahwa rata-rata masyarakat setempat adalah peserta BPJS kelas 3. Namun semenjak pandemi Covid-19 melanda penghasilan warga berkurang, bahkan banyak yang kena PHK perusahaan, sehingga menunggak pembayaran iuran BPJS nya. Karena untuk kebutuhan sehari-hari saja mereka sulit.

“Nah, kemudian warga mau pindah ke BPJS subsidi dari pemerintah, seperti Jamkesda. Namun belum bisa diurus, karena masyarakat diminta melunasi tunggakan BPJS terlebih dahulu. Itulah yang dikeluhkan masyarakat dan terasa memberatkan,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, bahwa masyarakat juga menyampaikan bahwa pendaftaran di Jamkesda berbelit-belit, dan setelah mereka melapor ke Dinas Sosial, tapi sampai sekarang belum keluar juga kartunya dan belum ada informasi.

“Kasihan masyarakat jika tidak bisa mengakses layanan kesehatan, sementara mereka membutuhkan pertolongan kesehatan. Ini adalah kewajiban pemerintah kepada rakyatnya dan ini merupakan amanat konstitusi dan undang-undang,” cetusnya.

Oleh karena itu, Mira Roza meminta pemerintah memberikan solusi untuk meringankan beban masyarakat dari masalah tunggakan BPJS tersebut. Dirinya juga berharap Pemerintah segera mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait upaya penyelesaian masalah tunggakan pembayaran BPJS ini secara komprehensif.

Baca Juga

PKS Serius Tingkatkan Kemampuan Anak Muda dan Lembaga Pendidikan Islam di Riau

Pekanbaru – Ketua DPW PKS Riau H. Ahmad Tarmizi, Lc, MA juga menegaskan, bahwa PKS …