Mako Lanal Dumai Akan Dibangun, Kasim: Semoga Bisa Menjadi Motivasi Pemko Untuk Mengembangkan Pariwisata

Sekretaris Komisi I DPRD Riau, Abdul Kasim bersama personel Lanal Dumai dan

PEKANBARU – Sekretaris Komisi I DPRD Riau, Abdul Kasim, mengharapkan pembangunan Mako Lanal Dumai bisa memberikan banyak efek terhadap masyarakat di Kota Dumai.

Hal itu dia sampaikan usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan itu, Senin kemarin (4/7/2022). Dia meyakini, jika Pemko Dumai berpikir inovatif, keberadaan Mako Lanal ini bisa memberi potensi pariwisata.

Dikatakan politisi Partai PKS ini, memang pembangunan Mako Lanal ini dikarenakan Dumai merupakan daerah strategis yang berbatasan langsung dengan negara luar.

“Dengan dibangunnya Mako Lanal ini, pengamanan kita bisa jadi bagus, memberi motivasi dalam pengamanan laut di pesisir Sumatera, khusunya bagian Riau,” ujarnya, Selasa (5/7/2022).

Kemudian, dia berharap Mako Lanal ini bisa memperkuat kerjasama antara Lanal dengan Pol Air untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang, terutama narkoba yang sudah sangat marak di Riau.

“Barang-barang haram itu kan masuknya lewat sungai-sungai kecil, kemudian ke pelabuhan tikus, dengan adanya Mako Lanal yang megah ini, maka pengawasan bisa semakin kuat,” tambahnya.

Namun dibalik faktor keamanan itu, Kasim meminta agar Pemko Dumai memperbaiki sarana dan prasarana yang berkaitan dengan keberadaan Mako Lanal ini. Karena, itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi Dumai.

Kasim melihat, potensi wisata di Kota Dumai belum terkelola dengan optimal, sehingga pembangunan Mako Lanal ini harus menjadi motivasi bagi Pemko Dumai dalam mengembangkan sektor pariwisata.

“Dumai ini memang posisinya di pesisir pantai, dan 70 persen pesisirnya itu masuk dalam kawasan industri, yang 30 persen ini saya rasa kalau dikelola serius bisa memberi dampak kepada masyarakat, jadi tinggal kepiawaian Pemko saja,” tambahnya.

Selain itu, Dumai juga memiliki danau yang ada pulau-pulaunya, kemudian ada sungai-sungai yang bisa disusuri. Ini tentunya menjadi sumber pariwisata bagi para wisatawan.

“Pemko bisa berkolaborasi dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dalam menjual objek wisatanya. Karena keberadaan Mako Lanal ini nantinya bisa memberi rasa aman terhadap orang-orang yang datang ke Dumai,” tutupnya. ***

Sumber: https://www.goriau.com/

Baca Juga

Daftar Cabup ke PKS, Ketua PDIP Siak H. Syahrul Siap Kolaborasi

Pekanbaru — Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Siak H. Syahrul mendaftarkan diri …