Sudahkah Keluarga Anda Membaca Surah Al – Kahfi Hari Ini ?

Oleh : Setiyati (Kabid Kaderisasi DPD PKS Kepulauan Meranti)

Suatu sore seorang bunda mengatakan pada saya, “Bu, kami setiap hari Jumat di rumah bersama anak-anak sudah menerapkan membaca surat Al Kahfi dan anak sulung saya ini sudah hafal ayat 1-10, doakan kami terus istiqamah, ya bu..” mak nyesss.. dengarnya.

Surah Al Kahfi, hanya 110 ayat saja tiap pekan tapi keampuhannya bisa menjadi senjata dalam keluarga dari fitnahan akhir zaman dan “kegilaan” manusia yang tak beriman.

Banyak keluhan keluarga yang bermasalah, suami istri tidak sepaham komunikasi, anak yang susah diatur ke arah yang baik, para perempuan “tergila-gila” pada dunia karier daripada memenuhi kewajibannya, keluarga yang sibuk waktunya dengan materi dan melupakan Al Qur’an, terganggu orientasi karena Allah tapi mencari polularitas semata. Mengapa zaman jadi hiruk pikuk dan selalu gelisah begini..?? Mengapa rumah-rumah keluarga muslim jadi tidak mendatangkan ketentraman lagi..??

Allah Sw telah menyediakan waktu 24 jam setiap hari Jum’at, sudah saatnya para keluarga muslim mengambil surah Al Kahfi ini sebagai imunitas keluarga dari fenomena di atas dan kesibukan akhir zaman yakni fitnah materi dan lemahnya iman. Sediakan waktu Anda dan keluarga untuk duduk bersama hanya 15 -20 menit saja dalam sehari, bisa setelah subuh, setelah dzuhur, atau selepas maghrib di malam Jum’atnya. Jika masih balita dan susah diajak duduk bermasa maka bacalah dg jahar (suara keras) perdengarkan langsung dari bacaan ayah bundanya.

Ketika sang anak duduk bersama ayah dan bundanya maka relung jiwa mereka akan terisi dengan kesejukan fitrah keimanan mereka, jika jujur hati mereka bicara,

“Ayah bunda, saat beginilah yang kami inginkan selalu, engkau berada di sisi kami membacakan Al Quran dengan kesyahduan dan ketenangan. Bukan kesibukanmu yang harus kami pahami siang malam kau tak berada di rumah..”

Impas, orangtua telah menunaikan haknya dan anak telah menemukan dirinya seutuhnya. Sederhana bukan?? cara menyelasaikan segala persoalan keluarga, karena hakikatnya itu adalah huru hara akhir zaman. Inilah cara memproteksi keluarga yang sebenarnya. Menyelesaikan masalah dengan keimanan.

Selamat membaca Al kahfi.

Baca Juga

Urgensi Berilmu Tentang Alam Akhirat

Alhamdulillah, shalatan wasalam ala rasulillah. Setiap kita pasti akan melintasi kematian menuju alam keabadian, yaitu …