Supaya Sekdaprov Riau Defenitif Benar-benar ‘Qualified’, Fraksi PKS Harap Keterlibatan Publik

Ketua Fraksi PKS DPRD Riau, Markarius Anwar merespon positif saran dari Forum Untuk Indonesia Transparansi Anggaran (Fitra) Riau yang meminta supaya semua calon Sekdaprov Riau bisa di uji publik ke masyarakat.

“Saya respon positif itu, memang harus dilakukan uji kelayakan publik, supaya masyarakat bisa memberi penilaian, mungkin berkirim surat atau ada cara lain,” kata Anggota Komisi I DPRD Riau, Rabu (14/4/2021).

Sebab, lanjut pria yang biasa disapa Eka ini, baik DPRD Riau maupun masyarakat secara umum tentunya mengingkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau yang terpilih nantinya memang betul-betul qualified.

“Riau butuh Sekda yang bisa punya leadership bagus, ketegasan dan jiwa penggerak. supaya OPD bisa bekerja dengan baik dan serapan anggaran lebih baik lagi,” ujar Eka.

Apalagi, saat ini masih dalan kondisi pandemi covid-19, dan sosok yang cakap memang sangat dibutuhkan untuk mengelola keuangan, apalagi saat ini keuangan daerah terus menurun.

“Uang daerah terus menurun, sementara kebutuhan terus bertambah. Makanya, kita harap peran Sekda nantinya,” tutupnya.

Sebelumnya, Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau meminta Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau untuk melibatkan partisipasi publik dalam tahapan seleksi ini.

“Pansel harus buka forum konsultasi publik untuk melihat dan menerima informasi dari masyarakat, sebagai masukan publik secara terbuka dan di publikasikan secara umum, apakah para calon sekda ini punya rekam jejak yang baik ataupun buruk dalam kinerja maupun sosial,” kata Taufik, Selasa (13/4/2021).

Sumber: Goriau.com

Baca Juga

Dr. Misharti, Senator Riau yang Daftar Jadi Calon Wakil Wakota Pekanbaru

Pekanbaru – Pilkada serentak 2024 kota Pekanbaru menghantarkan banyak calon siap bertarung baik menjadi calon …