Pengurus MPD dan DPD PKS se-Riau Resmi Dilantik, DPP PKS Paparkan 4 Fungsi Manajemen

Pekanbaru, Riau — Sehari setelah pelantikan pengurus DPW PKS Riau, hari ini (6/2/2021) DPP PKS melalui Bidang Pembinaan Wilayah Sumatera Bagian Utara (BPW Sumbagut) melantik Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS se-Riau yang terdiri dari 12 Kabupaten/kota.

Pelantikan yang digelar secara daring ini langsung dipimpin Ketua DPP BPW Sumbagut Hendry Munief dari DPTD PKS Kota Pekanbaru, serentak dengan 93 DPD yang masuk dalam wilayah Sumbagut (Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh).

Turut hadir Ketua DPW PKS Riau Ahmad tarmizi dan Sekretaris DPP BPW PKS Teguh Sahono yang sekaligus membacakan Surat Keputusan (SK) pelantikan pengurus DPTD PKS se-Sumbagut.

Hendry Munief dalam pidatonya membagikan 4 fungsi manajemen kepada pengurus PKS yang baru dilantik, untuk menyukseskan visi PKS 2020 -2025, yaitu “Menjadi Partai Islam Rahmatan Lil ‘alamin yang Kokoh dan Terdepan Dalam Melayani Rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, serta 2 agenda besar PKS di tahun 2024, yaitu penambahan jumlah kader dan kursi legislatif.

Disebutkannya, 4 fungsi manajemen tersebut adalah Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), pengarahan/realisasi (Actuating) dan fungsi pengawasan (Controling).

“Pertama, Fungsi Manajemen yang Pertama ialah planning. Planning adalah sesuatu yang direncanakan, menjadi kata kunci organisasi, tanpa planning yang jelas maka kita tidak dapat melakukan suatu pekerjaan,”

“Kedua, Fungsi Organizing. Allah SWT berfirman dalam surat As-Shaff ayat: 4 tentang pentingnya organisasi, pentingnya penataan dalam barisan yang teratur dan pembagian tugas yang rapi. karena Allah mencintai orang-orang yang rapi dalam aktifitasnya. Sesungguhnya, pemimpin terbaik itu lahir dari prajurit yang terbaik pula, nah ini menjadi prinsip kita dalam berorganisasi. Ini artinya antara bidang yang satu dengan yang lainnya harus saling bekerjasama,”

“Ketiga, Fungsi Actuating (pengarahan/realisasi). Yaitu fungsi bagaimana agar kita bisa bekerja dengan baik. Sehebat apapun perencanaan dan pengorganisasian kita tanpa kerja maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Maka jadilah tim yang mampu merealisasikan planning dan organizing. Lakukan kebaikan ditengah masyarakat. Percayalah kerja kebaikan yang kita lakukan, maka kebaikan itu akan kembali kepada diri kita pula,”

“Dan Terakhir, yang keempat yaitu Fungsi Controling. Ini menjadi penting, untuk mengawasi dan mengevaluasi program-program kita. Puncak pengawasan kita adalah ketika selalu merasa diawasi oleh Allah SWT, seperti kisah seorang anak penggembala domba pada masa kepemimpinanan Umar Bin Khatab,” papar Hendry Munief.

Nama-nama Pimpinan MPD dan DPD PKS buka tautan berikut: Serentak, Pergantian Pimpinan DPTD PKS Se-Riau, Ini Nama-Namanya

Baca Juga

DPW PKS Riau Kirim Relawan Ke Daerah Terdampak Bencana Sumbar 

Pekanbaru – Musibah Galodo (banjir Bandang) yang menimpa Sumatra Barat Sabtu 11 Mei 2024 malam, …